Rabu, 26 Mei 2021

Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Maag pada Lambung

PIsang


Maag merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap diderita oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Tentu saja ada banyak hal yang dapat menyebabkan orang mengalami penyakit tersebut. Diantaranya seperti mengonsumsi makanan dengan rasa yang pedas dan asam yang berlebihan. Hal tersebut hanya akan menyebabkan gejala gejala asam lambung naik.

 

Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Maag

Apabila Anda memiliki penyakit maag, ada baiknya untuk tidak sembarangan dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Pasalnya, ada banyak jenis makanan dan minuman yang memicu timbulnya gejala gejala asam lambung yang sangat mengganggu. Sebagai solusinya, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan berikut:

 

1.       Pisang

Tahukah Anda bahwa pisang merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk lambung. Pada buah tersebut terkandung pH sebesar 5,6 sehingga sangat baik untuk penderita asam lambung dan maag. Tidak hanya itu, beberapa buah lain juga bisa Anda konsumsi meskipun menderita masalah pada lambung. Diantaranya seperti apel, pir, hingga melon.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda memperbanyak konsumsi buah dan mulai untuk menghindari makanan yang memicu lambung menjadi bermasalah. Terlebih, buah tersebut tentu akan sangat menyehatkan dan bermanfaat untuk tubuh.


2.       Oatmeal

Siapa yang tidak menyukai oatmeal? Bagi Anda yang memiliki masalah pada lambung ada baiknya untuk mengonsumsi oatmeal saja. Makanan tersebut mengandung banyak serat alami yang dapat beranfaat untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada lambung.

Tidak hanya itu saja, oatmeal juga dipercaya dapat enerap asam lambung sehingga dapat menurunkan berbagai gejala yang mengganggu. Serat yang banyak terkandung pada oatmeal juga akan membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.


3.       Jahe

Siapa yang menyangka bahwa jahe merupakan salah satu makanan yang cukup baik untuk lambung. Meski tergolong sebagai salah satu rempah-rempah atau bumbu makanan, Anda bisa mengonsumsinya untuk mengurangi risiko naiknya asam lambung yang berlebihan.

Hal tersebut tidak lain karena adanya kandungan anti inflamasi pada jahe sehingga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pada pencernaan tersebut. Anda bahkan bisa menjadikan jahe sebagai pengobatan alami penyakit lambung. Cara membuatnya sebagai obat yakni dengan memotong atau memarutnya kemudian jadikan sebagai minuman hangat.


4.       Sayuran hijau

Sayuran hijau bisa Anda konsumsi meskipun mengalami masalah pada bagian lambung. Beberapa contoh sayuran tersebut seperti brokoli, kangkung, hingga bayam. Berbagai sayuran tersebut dapat Anda masak sesuai dengan selera. Dengan mengonsumsi sayuran secara rutin tentu saja kebutuhan nutrisi di dalam tubuh juga akan terpenuhi.

Oleh karena itu, dibandingkan Anda mengonsumsi makanan berlemak dan pedas, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh saja.


5.       Roti

Roti juga dapat dikategorikan sebagai makanan yang aman untuk dikonsumsi. Makanan tersebut umumnya terbuat dari gandum atau sejenis biji-bijian lainnya sehingga sangat baik meski Anda menderit maag atau asam lambung sekalipun. Terlebih, roti juga mengandung berbagai vitamin, serat serta nutrisi baik lainnya yang baik untuk kesehatan organ lambung.

 

Itulah beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi saat menderita penyakit lambung sehari-hari. Agar penyakit lambung tidak lagi menyerang, maka ada baiknya Anda menghindari berbagai penyebabnya. Seperti makanan berlemak, berminyak, pedas minuman alkohol, bersoda, hingga merokok. Dengan begitu, lambung akan tetap terjaga kesehatannya dengan baik.

 

0 komentar:

Posting Komentar