Senin, 15 Februari 2021

Kenali 5 Langkah Mudah Ekspor Barang Ke Luar Negeri

Ekspor Barang

Bagi pelaku usaha yang tertarik untuk memperluas pasarnya hingga menembus pasar internasional, tentu kegiatan ekspor barang menjadi kebutuhan. Namun sebagian pelaku usaha terutama pemula sering mengalami kebingungan terhadap tata cara ekspor menggunakan jasa ekspor barang sehingga mengakibatkan kerugian yang besar. Berikut ini merupakan tata cara ekspor barang ke luar negeri.

 

Cara Ekspor Barang Ke Luar Negeri

 

1. Penuhi Syarat Menjadi Eksportir

 

Beberapa persyaratan untuk menjadi eksportir antara lain: usaha sudah berbadan hukum dalam bentuk CV, Firma, PT, atau Koperasi; mempunyai NPWP; memiliki izin usaha resmi. Setiap 3 bulan, eksportir wajib memberikan realisasi ekspor kepada Disperindag dengan melampirkan surat pernyataan tidak terlibat tunggakan pajak, perbankan, dan masalah bea cukai.

 

2. Membuatan Sales Contract

 

Sales contract adalah dokumen kontrak jual beli antara penjual dan pembeli sebagai bentuk tindak lanjut dari purchase order/order pembelian yang diminta importir/pembeli. Isi dari sales contract mencakup syarat-syarat pembayaran barang yang akan dijual, seperti pembayaran asuransi, harga, mutu, jumlah, cara pengangkutan dan sebagainya.

 

Kontrak ini juga dibutuhkan untuk mengisi aplikasi pembukaan letter of credit (L/C) kepada Bank sebelum barang dikirim melalui jasa ekspor barang. Proses pembuatan sales contract meliputi Surat Permintaan Penawaran/Inquiry sebagai keterangan produk, Surat Penawaran /Offer Sheet Permintaan Importir yang berisikan keterangan sesuai permintaan importir.

 

Setelah mendapatkan penawaran dari eksportir, jika setuju maka importir akan mengirimkan surat pesanan dalam bentuk order sheet (purchase order) kepada eksportir barang. Dengan demikian eksportir akan menyiapkan surat kontrak jual beli (sales contract) yang berisi ketentuan penjualan barang. Terakhir sales confirmation berupa persetujuan dari importir.

 

3. Proses Pembukaan Letter of Credit (L/C)

 

Letter of credit  (L/C) merupakan jaminan dari bank penerbit kepada eksportir sesuai dengan instruksi dari importer agar melakukan pembayaran sejumlah tertentu dengan jangka waktu tertentu atas dasar penyerahan dokumen yang diminta importir. Surat ini dibuat juga untuk menghindari risiko gagal bayar oleh importir dan mencegah kerugian dari eksportir.

 

Proses pembukaan L/C dilakukan sebelum barang diserahkan ke jasa ekspor barang. Dimulai dengan permintaan pembukaan L/C oleh importir kepada Bank Devisa. Pihak advising Bank akan melakukan pembukaan L/C yang kemudian eksportir akan diberitahu. Terakhir melakukan proses confirming bank untuk menjamin pembayaran atas L/C tersebut.

 

4. Proses Pengapalan barang

Langkah berikutnya mengurus segala dokumen pengapalan yang akan menjadi bukti bahwa eksportir telah mengirimkan barang yang dipesan Importir sesuai dengan persyaratan yang tercantum dalam L/C. Tahapan proses pengapalan barang dimulai dengan mengurus Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) di Bea Cukai dalam pelabuhan muat.

 

Kemudian ekspedisi akan memuat barang dan menyerahkan bukti penerimaan barang. Oleh ekspedisi akan dikirim ke pelabuhan tujuan dan menyerahkan pengepalan dokumen barang kepada importir. Jika jasa pengiriman barang telah dilunasi dan dokumen telah sesuai maka Shipping Agent akan menyerahkan barang kepada Importir.

 

5. Mencairkan Dana

 

Dimulai dari proses pencairan L/C untuk mendapatkan pembayaran atas barang yang sudah diterima importir dengan mengirim dokumen kepada Bank. Lalu Advising Bank akan memeriksa kelengkapan dan keakuratan dokumen pengapalan, jika sesuai maka negotiating Bank akan melakukan pembayaran sesuai tagihan eksportir dari dana L/C yang tersedia. Sehingga eksportir akan menerima pembayaran dari ekspor yang telah dilakukan melalui jasa ekspor barang.

 

Demikian tata cara mudah ekspor barang ke luar negeri yang dapat anda jadikan referensi saat akan mengirim barang ke luar negeri. Percayakan barang yang anda kirim melalui kilo.id sebagai layanan pengiriman barang ekspor dan impor secara mudah yang langsung dikirim tanpa minimal quota melalui kurir ke luar negeri. Selamat Mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar