Selasa, 16 Februari 2021

Ini Dia Manfaat Rutin Berjalan Kaki Setiap Hari

Jalan Kaki

Malas berolahraga? Tenang, Anda bisa menyiasatinya dengan berjalan kaki. Melansir dari alodokter.com, berjalan kaki tidak hanya termasuk olahraga yang murah dan ringan tetapi juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah membantu menghilangkan perasaan stres. Tak hanya itu, jalan kaki juga bermanfaat mencegah munculnya penyakit berbahaya yang mungkin saja bisa berujung kematian. Meskipun Anda sudah memiliki Asuransi Jiwa Syariah Allianz yang akan memproteksi keluarga setelah Anda meninggal, menjaga kesehatan tetap menjadi prioritas utama. Berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa didapat dengan berjalan kaki:

1.       Osteoporosis bisa dicegah dengan baik

Osteoporosis bisa dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Namun, kondisi ini lebih sering menjangkiti wanita yang memasuki masa menopause karena berkurangnya kadar estrogen dalam tubuh yang berperan penting dalam menjaga kepadatan tulang. Penyebab utama munculnya kondisi ini karena menurunnya kemampuan tubuh dalam meregenerasi tulang sehingga mengakibatkan tulang menjadi rapuh, keropos, dan rentan patah. 

Oleh karena itulah, sangat dianjurkan untuk jalan kaki setiap hari karena dapat mencegah munculnya Osteoporosis, membantu membangun serta mempertahankan kesehatan tulang.

2.       Stres menjadi berkurang

Anda mungkin kerap mengalami stres, entah itu karena pekerjaan yang menumpuk ataupun urusan lainnya yang dapat memicu stres. Jika stres tidak dicegah dengan baik, tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda dan bisa memengaruhi kesehatan mental.

Oleh sebab itu, Anda disarankan berjalan kaki karena dapat membantu mengurangi sekaligus mencegah perasaan stres yang dirasakan. Ketika berjalan kaki, Anda akan melepaskan hormon endorfin sehingga membuat perasaan pun menjadi lebih baik, rasa cemas berkurang, dan lainnya.

3.       Sistem kekebalan tubuh meningkat

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh sangat berperan penting pada tubuh manusia karena tanpa sistem imun tubuh tentu akan lebih rentan terserang virus, parasit, dan kuman. Anda pun akan lebih mudah diserang penyakit, baik ringan hingga berbahaya.

Salah satu cara untuk mencegahnya adalah rutin berjalan kaki. Rajin jalan kaki selama kurang lebih 30 menit dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang berguna untuk melawan berbagai infeksi.

4.       Bantu turunkan berat badan

Mau menurunkan berat badan tapi tidak mau melakukan olahraga yang berat-berat? Anda bisa berjalan kaki di sekitaran kompleks rumah. Dengan berjalan cepat selama kurang lebih 30 menit, maka Anda bisa membakar kalori sekitar 150 kalori. Semakin cepat langkah kaki Anda akan semakin banyak pula kalori tubuh yang dibakar.

Namun, jalan kaki saja tentu tidak cukup, Anda perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat, tidur yang cukup, cukupi kebutuhan cairan, dan lainnya.

Itu dia beberapa manfaat jalan kaki yang bisa Anda rasakan. So, masih malas jalan kaki?

 

0 komentar:

Posting Komentar