Senin, 09 November 2020

Hendak Ikut Investasi Online? Pahami Dulu Jenis-Jenis Investasinya

Investasi Emas

Tak hanya paham apa itu investasi, kini minat masyarakat indonesia akan investasi kini banyak berkembang. Mengikuti kenaikan angka minat ini jenis investasi juga kini banyak berkembang. Termasuk investasi online di dalamnya, yang juga memberi banyak pengaruh positif di sektor ekonomi. Ditambah lagi dengan pemerataan sistem online, saat ini siapapun bisa memulai investasi dengan modal kecil.

Sebelum memulai investasi, perlu dipahami jenis investasi apa yang bisa disesuaikan dengan Anda. sedikitnya ada 6 jenis investasi yang paling banyak diminati di Indonesia. Anda bisa memilih salah satu diantaranya yang sekiranya memiliki peluang lebih besar.

Ragam Jenis Investasi

1.     Logam Mulia

Sesuai namanya investasi ini menggunakan barang berupa logam mulia seperti emas sebagai modal investasinya. Nilai jual juga belinya yang tinggi membuat investasi jenis ini banyak diminati para investor.

 

Investasi jenis ini biasanya termasuk dalam investasi jangka pendek, dimana keuntungannya bisa langsung diambil dalam kurun 3 sampai 2 bulan saja. Banyak juga pihak perusahaan investasi yang membuka peluang ini dengan sistem online. Anda berminat?

 

2.     Properti

Properti seperti rumah, gedung hingga kendaraan kini juga berkembang jadi salah satu lahan investasi. Terlebih masuk ke jenis investasi jangka panjang. Memang investasi jenis ini masih jarang digunakan namun siapa sangka hasil returnnya bisa cukup fantastis.

 

Di Indonesia sendiri jenis investasi properti lebih lekat dengan bisnis. Investasi bisa dilakukan bila properti sudah menjadi hak pribadi dengan surat kelengkapan tertentu. Anda yang berminat dengan investasi ini harus segera mengangkat kepemilikan atas properti pribadi.

 

3.     Deposito

Deposito sederhananya mirip seperti tabungan namun bunga yang diberlakukan biasanya di atas 6%. Namun begitu nilai return nya juga tetap menjanjikan untuk golongan investasi jangka panjang. Cara investasinya yang sederhana membuatnya banyak dilirik oleh investor baru.

 

4.     Saham

Jadi jenis investasi yang paling awal berkembang di Indonesia, investasi saham kini banyak dijadikan trend di kalangan pengusaha muda. Saham yang mengikat beragam jenis perusahaan besar ini dikatakan sebagai jenis investasi terbaik dimana setiap tahunnya selalu mengalami perkembangan.

 

Ambil bagian dari perkembangan tersebut dengan investasi saham di perusahaan terpercaya. Bagaimanapun perusahaan yang baik akan menjamin return yang setimpal. Hati-hati, jangan sampai Anda termakan iming iming promosi di awal investasi.

 

5.     Reksa Dana

Reksa dana jadi salah satu jenis investasi yang unik. Kenapa demikian? Alasannya karena dalam proses investasinya terjadi penggabungan investor sebelum nantinya di investasikan ke pasar modal secara keseluruhan.

 

Berbeda dengan jenis investasi lain yang hanya melibatkan satu orang saja di setiap prosesnya. Walaupun begitu pengambilan return tetap tunggal dan tidak melewati proses pembagian. Justru investasi ini berpotensi memberikan return yang lebih besar karena investasi yang disetorkan lebih besar pula.

 

6.     Peer to PEER Lending

Pernah mendengar istilah ini sebelumnya? Istilah investasi ini memang baru berkembang di Indonesia. Selain wadah investasi sistem peer to peer lending juga bisa diartikan sebagai wadah untuk peminjaman dana.

 

Sistem yang selanjutnya disebut lending atau P2P ini memungkinkan siapapun untuk terlibat dalam jaringan yang lebih luas. Menggunakan sistem digital yang terintegrasi, investasi jenis ini digadang cocok dijalani oleh milenial yang ingin mencoba terjun ke dunia investasi.

Siapapun kini bisa memulai investasi. Banyak pilihan investasi yang bisa dipilih sesuai dengan keadaan. Sebagai permulaan Anda bisa memilih jenis investasi dengan modal minim, selanjutnya dikembangkan ke jenis investasi jangka panjang yang lebih menjanjikan. Jangan takut terkendala mengikuti cara belajar investasi karena akan ada pihak yang membantu.

0 komentar:

Posting Komentar