Minggu, 08 Maret 2020

Tips Sederhana Pilih Sambungan Pipa dan Jenis Pipa Untuk Saluran Air Di Rumah


Tips Sederhana Pilih Sambungan Pipa dan Jenis Pipa Untuk Saluran Air Di Rumah

Saat membangun saluran air, pipa paralon dan sambungan pipa menjadi bahan material penting yang tidak dapat dilewatkan. Keberadaannya sebagai jalan untuk air mengalir membuatnya sangat penting untuk diperhatikan. Karena itulah pemilihan pipa air yang digunakan benar-benar harus yang berkualitas dan tepat sesuai keperluan. Sehinggga tidak terjadi kebocoran ataupun masalah saluran yang tersumbat.
Nah, berikut ini beberapa tips untuk Anda agar tidak salah memilih sambungan pipa sekaligus jenis pipa yang bagus dan tepat untuk saluran air di rumah:
1.      Ketahui Jenis Pipa Yang Akan Digunakan
Ada banyak sekali jenis pipa air yang dapat kita jumpai di pasaran. Untuk itulah pastikan Anda mengetahui jenis pipa apa yang akan digunakan agar lebih mudah saat memilihnya. Namun untuk keperluan rumah tangga, kebanyakan konsumen biasanya akan memilih jenis pipa PVC dan pipa HDPE.
Pipa PVC memiliki keunggulan dengan bobotnya yang ringan dan ketahanannya yang kuat dan keras meski terbuat dari bahan plastik. Namun karena jenis pipa ini kaku dan tidak bisa ditekuk, maka dibutuhkan komponen tambahan berupa sambungan pipa apabila ingin membelokkan arah saluran.
Sementara untuk jenis pipa HDPE, pipa ini merupakan pengembangan dari pipa PE. Memiliki tekstur berkebalikan dengan pipa PVC yang kaku, jenis pipa HDPE teksturnya lebih lentur dan elastis serta mudah ditekuk. Umumnya, pipa jenis ini banyak dijumpai di pasaran dalam bentuk gulungan.
2.      Ketahui Spesifikasi Pipa Yang Dibutuhkan
Masing-masing pipa memiliki spesifikasi yang berbeda sehingga perlu Anda tahu mana yang akan pas digunakan. Pipa HDPE yang lentur bisa dipilih untuk dipakai pada jaringan pipa bawah air, relining jaringan pipa drainase dan air minum atau pemasangan pipa pada daerah yang sulit. Dalam kondisi ini, pipa yang elastis dan mudah ditekuk seperti pipa HDPE Rucika tentu lebih menguntungkan.
Namun hal ini bukan berarti jenis pipa PVC tidak tepat untuk dipilih. Bila budget terbatas, membeli pipa PVC tentu juga lebih menguntungkan daripada memaksa membeli pipa HDPE. Selain material pipa, ketahui juga ukuran yang tepat untuk digunakan. Misalnya untuk saluran air bersih, pilihlah pipa berdiameter 0,5 – 1,5 inci, sementara untuk air kotor 2,3 – 4 inci.
Tujuan dari dipilihnya pipa yang tepat ialah supaya pipa air lebih awet dan tahan lama. Sehingga Anda tidak perlu khawatir harus bongkar-bongkar saluran dan sambungan pipa karena ada yang rusak atau bocor. Jadi Anda tidak perlu terlalu repot mengurus saluran air di rumah.

0 komentar:

Posting Komentar